Senin 02 May 2022 08:00 WIB

Alquran, Anegurah Terbesar Umat Islam dan Penghargaan untuk Para Pecintanya

Alquran merupakan petunjuk umat manusia di dunia

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Alquran. Alquran merupakan petunjuk umat manusia di dunia
Foto: pxhere
Ilustrasi Alquran. Alquran merupakan petunjuk umat manusia di dunia

REPUBLIKA.CO.ID, - Alquran menjadi anugerah dari Allah SWT bagi umat nabi Muhammad SAW. Alquran diturunkan Allah pada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Tujuannya memberikan pencerahan dan petunjuk serta panduan hidup bagi manusia. 

Pakar tafsir Alquran yang juga dewan pakar di Pusat Studi Alquran (PSQ) mengatakan Allah SWT memilih umat Nabi Muhammad SAW untuk mendapatkan curahan kasih sayang-Nya berupa Alquran Al Karim. Dan Allah juga memilih nabi yang teragung, yakni pemimpin para nabi dan rasul untuk membawa Alquran.  

Baca Juga

"Allah itu dzat Yang Maha-Agung, maka Alquran sebagai kalamullah (firman Allah) juga merupakan Kalam-Nya yang agung. Karena antara dzat dan sifatNya tidak akan terpisah. Dzat Allah Agung, Alquran merupakan sifat Allah (yaitu) sifat Al-Kalam, maka kalam-Nya juga kalam Yang Maha-Agung," kata Kiai Ahsin saat mengisi kajian rRmadhan di Masjid At Taqwa Camar Bintaro yang juga disiarkan daring beberapa waktu lalu. 

Lebih lanjut pengasuh Pondok Pesantren Dar Al Quran Cirebon itu menjelaskan bahwa Alquran juga ditempatkan Allah SWT di tempat yang paling agung. Sebuah tempat yang suci, rahasia, dan tidak bisa dijamah siapapun kecuali yang diizinkan Allah SWT, yaitu Lauhul Mahfudz. Keterangan bahwa Alquran ditempatkan di Lauhul Mahfudz dapat ditemukan pada Alquran surat Al Waqiah ayat 78-79. 

فِي كِتَابٍ مَكْنُونٍ لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّرُونَ

“Pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh),. tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.”    

Allah SWT juga menurunkan Alquran pada waktu yang paling baik, yaitu pada Lailatul Qadr. Malam yang begitu mulia yang juga terdapat pada bulan yang agung yaitu Ramadhan. Sebab itu kiai Ahsin mengatakan orang yang beribadah pada malam tersebut seperti membaca Alquran atau pun mengerjakan sholat malam maka nilai pahalanya dilipatgandakan. 

Baca juga:http://republika.co.id/berita//q98jz4320/amalan-sunnah-yang-akan-didoakan-puluhan-ribu-malaikat

 

Alquran juga diturunkan kepada nabi yang agung, pemimpin para nabi yang memiliki berbagai keistimewaan yaitu Nabi Muhammad SAW. Satu-satunya nabi yang bisa memberikan syafaat pada hari kiamat.

Dan di antara keistimewaan nabi Muhamamad SAW adalah nabi yang paling sukses dalam dakwahnya dibandingkan nabi-nabi terdahulu. Kesuksesan dakwah nabi Muhammad sebab nabi sanggup melaksanakan seluruh isi Alquran.  

 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement