Senin 25 Apr 2022 14:20 WIB

Basarnas Surabaya Siagakan Helikopter pada Masa Angkutan Mudik

Helikopter disiagakan untuk mendukung respons cepat korban kecelakaan lalu lintas.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Agus raharjo
Helikopter Basarnas Surabaya disiagakan selama arus mudik Lebaran 2022. (Ilustrasi)
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Helikopter Basarnas Surabaya disiagakan selama arus mudik Lebaran 2022. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Kantor SAR Surabaya, Hariadi Purnomo melepas keberangkatan Tim Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran 2022 pada Senin (25/4/2022). Pelaksanaan Siaga SAR Khusus, kata Hari, bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

“Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran tahun 2022 ini akan dilaksanakan selama 14 hari. Dimulai dari H-7 hingga H+7 lebaran. Kami mendirikan posko mandiri yang berlokasi di sekitar rest area tol Jombang,” ujar Hari, Senin (25/4/2022).

Baca Juga

Hari melanjutkan, selama pelaksanaan Siaga SAR Khusus ini, pihaknya menyiagakan satu unit helikopter Dauphin AS365 N3+ di wilayah Kabupaten Jombang. Penyiagaan helikopter ini dimaksudkan untuk mendukung upaya respons cepat dalam penanganan korban kecelakaan lalu-lintas di sepanjang jalan tol di Jatim.

"Agar segera bisa dievakuasi ke rumah sakit guna mendapatkan perawatan medis lebih intensif,” ujar Hari.

Selain siaga di Posko Mandiri, kata Hari, Tim SAR Surabaya juga akan bergabung dengan tim siaga dari instansi lain di posko-posko terpadu yang ada. Seperti di bandara, terminal bus, stasiun kereta api, dan pelabuhan.

Kantor SAR Surabaya juga mengerahkan tim untuk melakukan patroli bergerak di wilayah perairan. Yaitu patroli di alur pelayaran Surabaya dengan menggunakan Alut SAR air yang ada. Adapun SAR air yang disiagakan di antaranya KN SAR Widura, KN SAR Antasena, KN SAR Permadi, KN SAR Srikandi, 4 unit RIB, 1 unit jetsky, dan beberapa unit perahu karet berikut dengan mesinnya.

Selain Alut SAR air, juga disiagakan Alut SAR Darat. Di antaranya rescue truck, rescue car, truk angkut personel, amphibius, ATV Heavy Duty dan Beach Patrol, 2 unit spider excavator, dan beberapa unit motor trail.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement