Ahad 24 Apr 2022 22:48 WIB

Ilmuwan Berburu Obat Mujarab dari Racun Hewan

pengembangan obat yang berdasar pada racun dari hewan tidak terlalu menguntungkan

Laba-laba beracun
Foto: Washington Post
Laba-laba beracun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Racun atau bisa adalah senjata sangat ampuh pada hewan. Namun, ada juga yang mengandung substansi untuk obat bagi manusia. Seorang ahli biologi mencari harta karun itu.

Tidak semua harta karun terdiri dari perak dan emas. Kadang orang juga menemukannya, di tempat yang paling tidak diduga. Yaitu di dalam racun mematikan dari hewan!

Baca Juga

Di seluruh dunia ada sekitar 200.000 jenis racun, dan dari beberapa racun itu sudah diperoleh unsur aktif bagi obat penting. Bagi ilmuwan, ini harta karun yang sangat berharga!

"Upaya menemukan unsur aktif bahan obat dari dalam racun hewan memang mirip upaya mencari harta karun," kata Dr. Tim Lüddecke, kepala Animal Venomics Research Group pada Fraunhofer Institut IME.

Generasi obat berikutnya yang akan mereka kembangkan, dapat ditemukan dalam racun dari hewan. Mereka hanya perlu mengidentifikasi racun itu.

Sayangnya, itu tidak mudah. Karena dalam racun hewan terdapat jutaan molekul. Tim Lüddecke yang memimpin penelitian pada Fraunhofer Institut IME, juga melakukan pencarian dalam racun jenis laba-laba yang endemik di Jerman. Berbeda dengan jenis laba-laba tropis, belum banyak yang diketahui tentang racunan hewan asli Jerman.

Misalnya, di dalam racun laba-laba jenis Wespenspinne peneliti menemukan sejenis protein istimewa. Tapi bagaimana cara berfungsinya? Hewan-hewan itu biasanya menggunakan racun untuk menarik mangsa atau mempertahankan diri.

sumber : DW