Gullac, Camilan Ramadhan Ikonik Turki

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko

Sabtu 23 Apr 2022 05:45 WIB

Gullac, makanan khas Turki yang disajikan saat Ramadhan Foto: wikipedia Gullac, makanan khas Turki yang disajikan saat Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,   ANKARA -- Kuliner khas Turki banyak terkenal dengan makanan penutup susunya. Gullac, makanan lezat tradisional Ramadhan yang berasal dari era Ottoman, merupakan santapan populer saat berbuka puasa.

Makanan penutup ini dibuat menggunakan lembaran tepung beras, yang dilapisi dengan kenari dan direndam dalam sirup susu hangat, di atasnya dihias dengan biji delima, stroberi atau ceri. Biasanya, air mawar juga ditambahkan ke dalam campuran seperti puding ini.

 

"Gullac adalah makanan favorit Ramadhan karena tidak berat untuk perut dan juga menjaga tekanan darah," kata salah satu manajer toko roti Cumhuriyet yang terkenal di ibu kota Turki, Ankara, Yasemin Demirel, dikutip di CGTN, Jumat (22/4/2022).

 

Nama makanan penutup ini memiliki arti 'makanan rasa mawar', karena air mawar memberikan rasa ikonik pada hidangan tersebut. Demirel menyebut Gullac memiliki rasio gula yang seimbang, sehingga cocok untuk tubuh dan direkomendasikan oleh ahli gizi sebagai makanan yang ramah pencernaan.

 

Agar dapat dimakan dalam kondisi dingin, makanan penutup ini selalu disiapkan beberapa jam sebelum buka puasa untuk menjaga keseimbangan rasa dan tekstur.

 

Menurut seorang peneliti kuliner dan salah satu penulis makanan terkemuka Turki, Aylin Oney Tan, Gullac adalah 'ratu makanan' yang juga disebut sebagai 'mawar Ramadhan'.

 

"Puding sutra beraroma mawar yang menyenangkan seolah membawa Anda naik karpet ajaib melewati Bima Sakti. Kenikmatan sejati yang cocok untuk para sultan," kata dia.

 

Tak bisa disangkal, Utsmani menikmati berbagai macam kuliner, yang mana beberapa di antaranya tetap terjaga hingga hari ini.

 

Menurut sejarawan, sultan yang memerintah Kekaisaran Ottoman mengadopsi makanan ini di akhir abad ke-15, setelah disempurnakan di dapur kekaisaran dengan topping dan hiasan, hingga menjadi makanan penutup yang dikenal sekarang.

 

Kopi dan teh Turki disebut-sebut sangat cocok menjadi teman bersantap Gullac.