Sabtu 30 Apr 2022 04:55 WIB

5 Cara Mengalokasikan THR dengan Bijak di Masa Pandemi

Pastikan kamu mengalokasikan THR untuk berbagai kebutuhan yang penting

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
5 Cara Mengalokasikan THR dengan Bijak di Masa Pandemi
5 Cara Mengalokasikan THR dengan Bijak di Masa Pandemi

Sebentar lagi lebaran akan tiba. Itu artinya, Tunjangan Hari Raya (THR) segera atau sudah turun. Namun di masa pandemi ini, ada baiknya jika kamu lebih bijak dalam menggunakan dana THR. 

Ini masa-masa yang sulit diprediksi dan kita bahkan tidak tahu kapan kondisi akan normal kembali. Pastikan kamu mengalokasikan dana THR untuk berbagai kebutuhan yang penting, agar bisa memberikan manfaat maksimal di dalam keuangan.

Berikut ini ada beberapa cara bijak yang bisa dilakukan saat mengalokasikan dana THR:

 

 

1. Alokasikan untuk membayar atau melunasi hutang

Mengalokasikan THR

Mengalokasikan THR

Melunasi hutang dengan segera mungkin sudah menjadi keinginanmu sejak lama. Hal ini tentu bisa menjadi salah satu prioritas di dalam penggunaan dana THR yang akan diterima di tahun ini. Alokasikan sebagian THR untuk biaya pelunasan hutang ini, agar beban di dalam keuangan menjadi berkurang. 

Apabila jumlah utang masih cukup besar, maka kamu bisa membayarnya sebagian saja. Hindari untuk mengalokasikan seluruh THR untuk membayar utang tersebut, apalagi jika kamu memiliki niat untuk mengalokasikan sebagian THR untuk kebutuhan lainnya di hari lebaran.

Baca Juga: Pakai THR Buat Modal Usaha? Begini Cara Bijak Mengaturnya

2. Sisihkan sebagian untuk amal

Bulan puasa juga akan menjadi waktu yang tepat bagi kamu untuk beramal lebih banyak. Menjelang lebaran nanti, kamu harus membayarkan zakat fitrah sebagai bentuk kewajiban seorang muslim. 

Selain itu, kamu juga bisa melakukan banyak amal dengan cara lainnya, seperti: berinfaq, bersedekah, membayarkan zakat maal, dan yang lainnya.

Kamu bisa mengalokasikan 10% dari THR untuk membayarkan zakat fitrah dan juga beramal. Hal ini tentu akan membuat kamu lebih tenang dan bisa membagikan sebagian penghasilan kepada sesama.

3. Pakai untuk memenuhi kebutuhan keluarga

Menjaga kesehatan dengan maksimal tentu menjadi kebutuhan tersendiri selama masa pandemi ini. Hal ini juga berlaku untuk seluruh anggota keluarga. Kamu perlu membeli berbagai kebutuhan pangan dan juga vitamin yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi setiap anggota keluarga dengan baik. 

Selain itu, anak-anakmu juga akan segera memasuki tahun ajaran yang baru. Pastikan semua kebutuhan belajarnya terpenuhi dengan baik.

Alokasikan THR sebesar 20% untuk memenuhi berbagai kebutuhan penting di dalam keluarga. Cek apa saja yang paling penting dan harus dipenuhi terkait dengan hal tersebut. Ini penting, untuk menjamin bahwa alokasi dana THR tersebut benar-benar tepat sasaran dan bisa memberikan manfaat yang maksimal untuk keluarga.

Baca Juga: Tips Lebaran Tetap Asyik Meski Tanpa THR

4. Pakai untuk konsumsi

Mengalokasikan THR

Mengalokasikan THR

Selama bulan Ramadhan hingga lebaran nanti, kamu mungkin akan dihadapkan pada pengeluaran rumah tangga yang jauh lebih besar dari biasanya.

Kamu perlu memberi THR untuk Asisten Rumah Tangga (ART), membeli pakaian dan makanan untuk kebutuhan lebaran, menyiapkan hadiah untuk orang-orang tercinta, dan yang lainnya. Semua ini tentu akan membutuhkan uang yang tidak sedikit. 

Gunakan THR untuk membiayai berbagai kebutuhan di atas, agar gaji bulanan tidak terganggu. Kamu bisa mengalokasikan 40% THR untuk semua kebutuhan tersebut. Bijaklah dalam membagi alokasi dana tersebut, agar semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik. 

Hindari untuk membeli makanan dan kue-kue dalam jumlah besar, mengingat di masa pandemi ini kamu tidak akan menerima banyak tamu di rumah, kecuali keluarga terdekat.

5. Alokasikan sebagai dana investasi

Jangan lupa untuk mengalokasikan 10-20% THR untuk kebutuhan investasi di dalam keuangan. Meski jumlahnya tidak besar, investasi ini tentu kelak bisa memberikan keuntungan. Kamu bisa mengalokasikan ke dalam investasi jangka pendek, seperti deposito atau maupun reksa dana. 

Namun, pastikan kamu  memilih instrumen investasi yang tepat, agar kamu bisa mengelolanya dengan lebih baik. Bagaimanapun juga, kamu tentu ingin mendapatkan keuntungan dari aktivitas keuangan ini.

Gunakan THR dengan Cara yang Tepat

Bagi yang mendapatkan THR, kamu tentu sudah memiliki rencana terkait dengan dana tersebut. Pastikan mempertimbangkan dengan matang ke mana saja kamu akan alokasikan THR tahun ini. Gunakan THR dengan cara yang tepat, agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal di dalam keuangan.

Baca Juga: Beda THR PNS vs THR Karyawan Swasta, Lengkap dengan Perhitungan Pajaknya

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement