Kamis 21 Apr 2022 11:53 WIB

Begini Penampakan Gerhana Bulan di Mars, Bentuknya Mirip Kentang

Gerhana berlangsung sedikit lebih dari 40 detik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Gerhana bulan Phobos yang tampak di Mars.
Foto: nasa
Gerhana bulan Phobos yang tampak di Mars.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjelajah (rover) Perseverance menyaksikan bulan berbentuk kentang, Phobos lewat di depan Matahari dari Kawah Jezero di planet Mars. Perseverance menggunakan sistem kamera Mastcam-Z beresolusi tinggi untuk merekam video Phobos.

NASA mengatakan bahwa hasilnya adalah pengamatan dengan frame-rate tertinggi dari gerhana matahari Phobos yang pernah diambil dari permukaan Mars.

Baca Juga

Gerhana menakjubkan terjadi pada 2 April 2022 (tanggal Bumi). Gerhana berlangsung sedikit lebih dari 40 detik. Itu berarti video ini sangat mirip dengan apa yang disaksikan Perseverance secara real time.

 

Dilansir dari Universe Today, Kamis (21/4/2022), waktu yang dibutuhkan untuk Phobos untuk melebihi matahari jauh lebih sedikit daripada gerhana matahari biasa yang melibatkan Bulan Bumi. Sebab, Phobos berukuran sekitar 157 kali lebih kecil dari Bulan kita sendiri.

Mastcam-Z memiliki filter surya khusus yang memungkinkannya menatap langsung ke Matahari. Video tersebut memiliki resolusi yang sangat tinggi, bahkan bintik matahari terlihat di Matahari.

Para ilmuwan mengatakan bahwa setiap kali gerhana ini diamati, itu memungkinkan mereka untuk mengukur pergeseran halus di orbit Phobos dari waktu ke waktu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement