Ramadhan di Kampus Bareng SALAM UI

Red: Hafidz Muftisany

 Senin 23 Jul 2012 10:50 WIB

Pawai Sambut Ramdhan di Universitas Indonesia Foto: dok pri Pawai Sambut Ramdhan di Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Senin, 16 Juli 2012 Lembaga Dakwah Kampus, SALAM UI beserta perwakilan lembaga dakwah se-UI, BEM se-UI dan beberapa UKM se-UI mengadakan sebuah agenda dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 14 33 H.

Agenda tersebut adalah agenda perdana dalam rangkaian agenda penuansaan ramadhan yang dilakukan oleh lembaga dakwah kampus nasional ini. Pelita ramadhan kampus atau yang biasa disingkat menjadi PERAK adalah serangkaian agenda mulai dari pra ramadhan, saat ramadhan, dan pasca ramadhan.

Pawai ramadhan ini, dimulai pada pukul 08.00 WIB dan para peserta pawai berkumpul di halte bus kuning stasiun UI dengan mengenakan ‘dresscode’ putih-batik.

Peserta tampak semakin meriah dengan pernak-pernik ramadhan dan panji LDF yang dikenakan. Selain hanya bersepeda,  pawai ini dikomandoi oleh seorang orator yang berada diatas mobil sound. Mulai dari start pawai, hingga akhir sang orator memberikan himbauan dan tausiyah seputar penyambutan bulan ramadhan, kemudian diselingi oleh beberapa ketua lembaga dakwah yang juga ikut berbicara seputar ramadhan diatas mobil sound.

Peserta yang totalnya berjumlah sekitar 80 orang ini, kemudian mencoba untuk menyapa lebih hangat para warga sekitar UI dengan membagikan amunisi yang tadi telah disebutkan.

Terlihat wajah bahagia warga yang beruntung mendapatkan amunisi tersebut, bahkan beberapa ibu-ibu dan anak-anak dengan semangat meminta amunisi tersebut dari peserta. Dan suatu ketika, salah satu peserta pawai ada yang memberikan amunisi tersebut kepada salah seorang tukang ojek di sekitar UI, dan dengan ramah berkata:

“Bang, ini tanggal 23-25 Juli akan ada agenda ini Bang –sambil menunjuk pada jadwal imsakiyah yang didalamnya terdapat menu ramadhan yang dimaksud- Kuliah Qur’an Keliling, nah didalamnya nanti akan mengundang para tukang ojek sekitar UI buat ikut pengajian Bang. Nanti, abang ikut ya!”

“wah, agenda yang bagus nih neng! Boleh- boleh neng, jarang-jarang nih mahasiswa bikin agenda beginian, ngundang tukang ojek pula” Jawaban si abang tukang ojek yang berusia sekitar 40 tahun itu tampak demikian bersemangat.

Demikian, setelah semua amunisi habis dibagikan untuk warga sekitar UI, ketiga kelompok kecil yang ditugaskan tersebut pun kembali berkumpul dimasjid Ukhuwah Islamiyah.

***

kiriman Lembaga Dakwah Kampus SALAM UI

Jika anda punya informasi kegiatan Ramadhan di lingkungan sekitar, tempat kerja, masjid, kampus, sekolah, kirimkan ke ramadhan@rol.republika.co.id

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X