Senin 18 Apr 2022 13:48 WIB

Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Dibuka

Pendaftaran mudik motor gratis akan ditutup pada 24 April.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ilham Tirta
Petugas kapal mengatur parkir motor peserta mudik gratis sepeda motor naik kapal laut (ilustrasi).
Foto: darmawan / republika
Petugas kapal mengatur parkir motor peserta mudik gratis sepeda motor naik kapal laut (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan hari ini, Senin (18/4/2002), membuka pendaftaran mudik gratis sepeda motor menggunakan kapal laut melalui laman mudikgratis.dephub.go.id. Pendaftaran dan registrasi mudik motor gratis tersebut akan ditutup pada 24 April 2022.

“Setelah dua tahun sebelumnya saat Pandemi Covid-19 terjadi dimana Indonesia saat itu meniadakan mudik, maka tahun ini mudik kembali diadakan, namun diperlukan tanggung jawab dan partisipasi pemudik untuk mengikuti program vaksinasi yang disediakan oleh pemerintah agar dapat mengantisipasi penyebaran Covid-19," kata Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Mugen Sartoto dalam pernyataan tertulisnya, Senin (18/4/2022).

Baca Juga

Sedangkan pendaftaran offline dan verifikasi data dapat dilakukan di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok. Begitu juga di kantor pusat Kementerian Perhubungan pada tanggal yang ditetapkan.

Terdapat dua armada kapal yang digunakan untuk mudik gratis ini yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai yang keduanya dioperasikan PT. Pelni. Kedua kapal tersebut merupakan kapal 3 in 1 yang dapat mengangkut orang, barang, dan kendaraan.

Fasilitas di KM Dobonsolo meliputi sarana ibadah, salon makan, cafetaria, theatre atay hiburan, sarana permainan, dan dilengkapi lifeboat atau sekoci. Begitu juga dengan rakit penolong dan pelampung sesuai kapasitas, serta asuransi pelaksanaan mudik motor gratis.

“Kapasitas masing-masing kapal tersebut dapat mengangkut kurang lebih 1.250 unit motor dan 2.500 penumpang,” kata Mugen.

Rute untuk mudik gratis sepeda motor 2022 adalah Jakarta-Semarang Surabaya (arus mudik) dan Surabaya - Semarang – Jakarta (arus balik). Jadwal mudik rute Jakarta – Semarang – Surabaya dengan KM Dobonsolo, yaitu tanggal 26 April 2022 pukul 13.00 WIB dan KM Ciremai tanggal 29 April 2022 pukul 22.00 WIB yang semuanya berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Sedangkan jadwal balik rute Surabaya – Semarang – Jakarta dengan KM Dobonsolo tanggal 11 Mei 2022 pukul 17.00 WIB. Sementara KM Ciremai tanggal 9 Mei 2022 pukul 17.00 WIB.

Mugen menjelaskan, mudik motor gratis kembali dibuka sebagai upaya untuk mengalihkan kepadatan pemudik dengan sepeda motor. Sebab, pemudik sepeda motor ini sangat rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Dia menambahkan, upaya tersebut juga dapat mengalihkan kepadatan jalan dan membantu menurunkan angka kecelakaan sepeda motor pada masa mudik Lebaran. "Mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini juga sebagai bentuk pengenalan kepada pemudik yang belum pernah menggunakan transportasi laut dan dapat menjadi alternatif moda transportasi perjalanannya," ungkap Mugen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement