Ahad 17 Apr 2022 13:24 WIB

Pura-Pura Wudhu, Pria di Lamongan Malah Kuras Seisi Kotak Amal Masjid

Pura-Pura Wudhu, Pria di Lamongan Malah Kuras Seisi Kotak Amal Masjid

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com
Pria di Lamongan Malah Kuras Seisi Kotak Amal Masjid
Pria di Lamongan Malah Kuras Seisi Kotak Amal Masjid

Lamongan - Entah apa yang merasuki Sukron (40), di tengah suasana Ramadhan ia malah berhasrat menguras habis isi kotak amal di Masjid Darul Falah, Desa Kedungrejo, Kecamatan Modo, Lamongan.

Untungnya, aksi Sukron yang dilakukan pada Jumat (15/4), berhasil digagalkan salah seorang marbut pada pukul 08.00 WIB.

Usut punya usut, Sukron rupanya telah menyiapkan skenario pencurian dengan sangat matang. Dia juga diketahui bukan warga desa setempat melainkan warga Desa Pucuk, Kecamatan Pucuk.

"Sukron datang jam 7, lalu memarkir kendaraan dan berniat kencing dan beralasan wudhu, melihat kondisi sepi tersangka lantas mengambil alat yang telah disembunyikannya sebelumnya dan bergegas mencari kotak amal," ungkap Kasi Humas Polres Lamongan, Ipda Anton Krisbiantoro, Ahad (17/4).

Cara yang dilakukan Sukron ini terbilang rapi, hanya dengan sebuah kawat sepanjang 50 sentimeter, ia berhasil menggasak uang di dalam kotak amal hingga ratusan ribu.

"Pakai kawat di tekuk ujungnya sebagai pengait, dari tangan pelaku ditemukan pecahan uang Rp 1.000 hingga Rp 100 ribu dengan jumlah total Rp 975 ribu," ujar Anton.

Sukron yang kala itu tertangkap basah, nyaris dihakimi oleh para warga yang memergokinya menguras kotak amal. Saksi pertama yang meneriaki maling sontak mengundang warga lainya untuk datang.

"Alhasil, dua warga yang mendengar datang dan mengamankan Sukron yang kepergok saat menjalankan aksinya," kata Anton.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan jatimnow.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab jatimnow.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement