Ahad 27 Mar 2022 07:40 WIB

Mengenal Dennis Sullivan, Ilmuwan Matematika Peraih Penghargaan Bergengsi Abel

Abel merupakan salah satu penghargaan tertinggi dalam matematika.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Dennis Sullivan.
Foto: cuny edu
Dennis Sullivan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang ahli matematika Amerika Dennis Sullivan dianugerahi Penghargaan Abel 2022. Ini merupakan salah satu penghargaan tertinggi dalam matematika. Hal tersebut didapatkan atas kontribusinya pada topologi dan sistem dinamis.

Dilansir dari pernyataan The Norwegian Academy of Science and Letters (DNVA), Sullivan telah diakui atas kontribusinya yang inovatif untuk topologi dalam arti luas, dan khususnya aspek aljabar, geometris, dan dinamisnya. Dia mendapatkan hadiah 864 ribu dolar AS atau seitar Rp 12 miliar.

Baca Juga

Ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat benda dan ruang yang tidak berubah ketika terdistorsi dikenal sebagai topologi. Dilansir dari University of Waterloo di Ontario, bidang ini sering disebut sebagai "geometri lembaran karet" karena objek dapat diregangkan menjadi berbagai bentuk seperti karet tetapi tidak dapat dipatahkan. 

Sebuah persegi, misalnya, dapat ditekuk menjadi lingkaran tanpa putus, tetapi donat tidak bisa. Akibatnya, sementara persegi dan lingkaran secara topologi sebanding, sedangkan donat tidak.

Sullivan lahir pada 12 Februari 1941, di Port Huron, Michigan, dan sekarang menjadi profesor matematika di Stony Brook University di New York. Pada awal 1960-an, ia mulai belajar topologi sebagai mahasiswa pascasarjana di Universitas Princeton. 

Menurut DNVA, tesis PhD-nya Triangulating Homotopy Equivalences dari tahun 1966 membantu dalam  merevolusi studi manifold, merupakan ruang yang tampak datar dari titik manapun di permukaannya tetapi memiliki struktur keseluruhan yang lebih rumit (seperti permukaan bola). Selama beberapa dekade berikutnya, Sullivan melanjutkan beasiswa di University of Warwick di Inggris, University of California, Berkeley, dan MIT.

"Selama waktu ini, dia secara bertahap mengubah cara berpikir matematikawan tentang topologi aljabar dan geometris, memperkenalkan ide-ide baru dan membangun kosa kata baru," kata DNVA, seperti dilansir dari Live Science.

"Pada tahun 1970, ia menulis satu set catatan yang tidak dipublikasikan yang diedarkan secara luas dan dianggap sangat berpengaruh, secara langsung berdampak pada klasifikasi manifold halus dan masalah utama dalam topologi aljabar." Ini yang disebut catatan MIT yang akhirnya diterbitkan pada tahun 2006.

Sullivan mulai meneliti kesulitan-kesulitan dalam sistem dinamis pada akhir 1970-an, merupakan studi tentang suatu titik yang bergerak melalui ruang geometris dan bagian mendasar dari teori chaos. Karyanya menyatukan sistem dinamis dan topologi aljabar dengan cara yang belum pernah dilihat sebelumnya. 

Dilansir dari Quanta Magazine, pada tahun 1985 Sullivan memverifikasi dugaan yang berusia sekitar 60 tahun lalu, bahwa titik bergerak melalui sistem dinamis yang kompleks dengan pola fraktal akhirnya kembali ke lokasi awal mereka daripada berkeliaran tanpa tujuan.

"Dennis P. Sullivan telah berulang kali mengubah lanskap topologi dengan memperkenalkan konsep baru, membuktikan teorema tengara, menjawab dugaan lama dan merumuskan masalah baru yang mendorong bidang ini ke depan," kata Hans Munthe-Kaas, ketua Komite Abel.

"Saya tidak yakin dia melihat batas antara bidang matematika yang berbeda sama seperti yang dilihat orang lain," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement