Senin 21 Mar 2022 18:04 WIB

PDIP Bantah Megawati Sudutkan Ibu-Ibu yang Antre Minyak Goreng

Megawati disebut hanya memberi contoh cara lain memasak selain menggoreng.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Indira Rezkisari
Pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kanan) soal minyak goreng sempat menuai polemik publik.
Foto: ANTARA FOTO/Setpres Lukas
Pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kanan) soal minyak goreng sempat menuai polemik publik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPR Bambang Wuryanto menjelaskan maksud pernyataan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri, soal ibu-ibu yang mengantre minyak goreng. Ia menjelaskan, ada maksud lain dari pernyataan Presiden ke-5 Republik Indonesia itu.

Sebelum itu, ia menjelaskan tiga dasar filosofi yang digunakan politikus dalam menyampaikan suatu arahan atau pernyataan. Ketiganya yakni learn atau belajar, unlearn atau lepaskan belajar, dan re-learn atau belajar ulang.

Baca Juga

"Bu Mega adalah unlearn, kalau minyak goreng tidak ada, sudah lupakan. Ibu-ibu boleh misalnya dengan cara apa memasaknya, Ibu (Mega) mengatakan dengan cara dikukus, bisa direbus, bisa digoreng dengan cara lain," ujar Bambang di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (21/3/2022).

Ia membantah Megawati menyudutkan dan tak menunjukkan simpatinya kepada masyarakat yang mengantre untuk mendapatkan minyak goreng. Namun, Megawati berusaha menawarkan solusi lain selain minyak goreng.

"You are wrong, Ibu ketum kan sering gitu, sering melakukan unlearn. Kawan-kawan melihat masih di sini, wah Bu Mega tidak punya hati sama ibu-ibu, kan bisa digoreng dengan cara lain, pakai minyak kelapa kan ada," ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP itu.

Sebelumnya, Megawati ikut berkomentar terkait minyak goreng yang menjadi isu nasional saat ini. Ia menyinggung bahwa bahan masakan tidak harus digoreng, sebab ada solusi lain, seperti direbus atau dikukus.

"Saya sampai mengelus-elus dodo bukan masalahnya gak ada atau mahalnya minyak goreng, saya sampai mikir, jadi apakah ibu-ibu tiap hari hanya menggoreng sampe begitu rebutannya?," kata Mega dalam acara webinar, Cegah Stunting untuk Generasi Emas Indonesia yang diunggah di kanal Youtube Tribun Jateng, Jumat (18/3/20220).  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement