Selasa 08 Feb 2022 13:03 WIB

Wapres: Turots Ulama Indonesia Jadi Identitas Keislaman Bangsa

Turots Ulama Indonesia dijadikan sebagai basis pijakan membangun identitas dan jati

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agung Sasongko
Wakil Presiden Maruf Amin meresmikan acara Pameran Turots Nusantara secara daring dari kediaman resmi Wapres, Selasa (8/2).
Foto: Dok. BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin meresmikan acara Pameran Turots Nusantara secara daring dari kediaman resmi Wapres, Selasa (8/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan acara Pameran Turots Nusantara dalam rangka Pekan Memorial Syekh Nawawi Banten, Selasa (8/2). Wapres menyampaikan Turots atau karya tertulis warisan budaya Islam menjadi penanda Islam di Indonesia yang kaya dengan pengetahuan dan kebudayaan zaman dahulu.

Wapres berharap, Turots Ulama Indonesia dapat dijadikan identitas keislaman bangsa sebagai dasar dalam membangun Indonesia saat ini.

Baca Juga

"Turots Ulama Indonesia dijadikan sebagai basis pijakan membangun identitas dan jati diri keIslaman bangsa Indonesia. Utamanya, dalam menghadapi berbagai tantangan dunia modern, menuju Indonesia yang unggul, tangguh, dan berkarakter, seperti yang kita cita-citakan," ujar Wapres.

Wapres juga meminta bangsa Indonesia memiliki semangat dan kesadaran yang tinggi sebagai pewaris tradisi keilmuan Islam yang kaya di masa silam. Sehingga bisa menjaga dan merawat karya leluhurnya. Selain itu, agar ke depannya karya-karya baru tentang peradaban Islam dapat muncul kembali sesuai dengan perkembangan zaman.

"Seyogyanya ingatan, spirit, dan kesadaran bangsa Indonesia akan kemegahan dan kebesaran leluhur yang dimiliki bangsa Indonesia dapat dibangkitkan kembali untuk mendorong munculnya karya-karya baru tentang keIslaman, yang sarat akan ilmu pengetahuan, sesuai dengan perkembangan zaman, seraya tetap mengajak pada jalan kebaikan, dan menguatkan persatuan dan kesatuan," kata Wapres.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement