Jumat 08 May 2020 10:17 WIB

Iman Yassin Khatib, Muslimah Berjilbab Pertama di Knessset

Saat ini hanya 25 persen anggota parlemen Israel atau Knesset perempuan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Iman Yassin Khatib, Muslimah Berjilbab Pertama di Knessset. Muslimah berjilbab pertama yang menjadi anggota parlemen Israel atau Knesset Iman Yassin Khatib memegang kain tradisional Palestina di Nazareth, Israel.  Khatib bergabung dalam koaliasi Arab, Joint List.
Foto: REUTERS/Ammar Awad
Iman Yassin Khatib, Muslimah Berjilbab Pertama di Knessset. Muslimah berjilbab pertama yang menjadi anggota parlemen Israel atau Knesset Iman Yassin Khatib memegang kain tradisional Palestina di Nazareth, Israel.  Khatib bergabung dalam koaliasi Arab, Joint List.

REPUBLIKA.CO.ID, SHEFA AMR -- Bulan lalu Israel memilih seorang politikus perempuan Israel yang berasal dari komunitas Arab berjilbab sebagai anggota parlemen atau Knesset. Iman Yassin Khatib mewakili koalisi Islam Joint List. 

Khatib seorang politikus lokal yang juga pentolan sebuah komunitas Arab di negara itu. Ia adalah perempuan yang lantang berbicara tentang perjuangan dan kesetaraan agama, gender, serta perjuangan untuk hak-hak Palestina.

Baca Juga

"Secara pribadi, urusan wanita selalu menarik minat saya. Bahkan, sebagai pekerja sosial, fokus saya pada wanita. Melalui pekerjaan saya sebagai direktur pusat komunitas, saya berkerja dengan kelompok perempuan, mencoba melibatkan mereka dalam peran kepemimpinan. Pada satu waktu, saya berpikir untuk menjadi wali kota. Namun, saya belum sampai sebagai masyarakat," kata Khatib seperti dilansir Middle East Monitor, Jumat (8/5).

Khatib memperoleh gelar sarjana dalam bidang pekerjaan sosial di Universitas Haifa, sedangkan gelar megister pada bidang urusan perempuan diperoleh di Universitas Tel Aviv. Sementara itu, di parlemen, ia berharap menangani berbagai masalah mulai dari kekerasan di lingkungan Arab serta kemiskinan dan perumahan. Keluhan tentang diskriminasi terhadap orang Arab menjadi hal biasa di sana.

"Ini adalah masalah yang dekat dengan hati saya dan apa yang mendorong saya ke bidang ini. Namun, saya juga berpikir sebagai minoritas di bidang ini, kita harus mengatasi masalah utama dan sulit, seperti diskriminasi berdasarkan ras dan etnis, kesetaraan dalam anggaran, tanah, dan perumahan, pembongkaran rumah, dan Hukum Negara-Bangsa. Hari ketika itu berlalu adalah hari yang menyedihkan bagi kami," katanya.

Hukum yang mulai berlaku pada 2018 menyatakan Israel sebagai negara Yahudi dan menurunkan status Arab menjadi status sekunder sebagai bahasa nasional. Hal itu pun memicu kemarahan di antara orang Arab Palestina dan minoritas lain yang melihatnya sebagai hak mereka untuk tinggal di negara itu.

Khatib mengatakan, tujuan anggota komunitas Arab adalah mencoba mengamankan hak kewarganegaraan yang lengkap dan setara untuk semua warga negara meski ini adalah sesuatu yang masih di luar jangkauan. “Kami tahu kami tidak memiliki kemampuan besar menghadapi hal ini, terutama karena mayoritas masyarakat Israel saat ini adalah rasialis dan sayap kanan. Namun, kami tidak dapat meninggalkan masalah ini karena mereka adalah masalah inti yang memengaruhi kehidupan kita sehari-hari,” katanya.

Islamofobia yang ada di negara itu selama beberapa dekade hanya bagian dari latar belakang kebencian terhadap orang Arab di Israel masa kini yang juga pada akhirnya memengaruhi persepsi pada wanita yang mengenakan jilbab.

Sejak Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pertama kali berkuasa pada 1996, ia telah merendahkan politikus Arab dengan sebutan pendukung terorisme. Selain itu, ia menggunakan mereka sebagai alat politik untuk mengumpulkan dukungan sebelum pemilihan.

Namun, iklim kebencian tidak pernah mengecilkan hati Khatib dari mengejar mimpinya serta membuat perbedaan dalam lanskap politik Israel. Khatib menjelaskan, perempuan yang berambisi dalam politik diperlakukan secara berbeda dan dapat dibatasi dalam partisipasi pemilihan, tetapi ini lebih disebabkan oleh praktik budaya identitas yang ketat daripada agama. "Ada diskriminasi dari masyarakat," kata Khatib yang seorang anggota parlemen itu.

Dia ingat ketika pertama kali mengikuti pemilihan, orang-orang Israel akan mencoba menghalanginya dari mengadopsi apa yang mereka anggap sebagai perilaku maskulin dan komentar seperti politik bukan tempat bagi wanita. “Wanita akan mendatangi saya untuk mengatakan politik adalah tempat yang tidak benar-benar cocok atau bersih, dan kekuasaan ini seharusnya hanya ada di tangan laki-laki. Namun, ini berlaku untuk sejumlah kecil orang," katanya.

Khatib percaya kehadirannya di panggung politik yang didominasi pria Israel menciptakan ruang yang sangat dibutuhkan wanita. Saat ini hanya 25 persen anggota parlemen di Israel yang merupakan perempuan.

Sebagai ibu empat anak berusia 54 tahun dari Desa Yaffa di Nazareth, Galilea, Khatib menginginkan perubahan untuk generasi berikutnya. “Saya ingin anak perempuan saya dan anak perempuan orang lain berada di tempat yang aman. Saya ingin tembok-tembok itu diruntuhkan dan pintu-pintunya terbuka untuk mereka, dan menghadapi lebih sedikit tantangan, dan itu bukan tidak mungkin,” tuturnya

Khatib telah menggunakan parlemen untuk menunjukkan kemampuannya dengan membantu komunitasnya menghadapi pandemi virus corona. Setelah menghabiskan 14 tahun mengelola pusat komunitas pertama di wilayahnya, Khatib memiliki wawasan tentang apa yang paling penting bagi penduduk setempat. Sementara Netanyahu dan Kementerian Kesehatan memusatkan perhatian mereka pada komunitas yang didominasi Yahudi, hal itu menjadi tekanan dari anggota Daftar Bersama yang memaksa pemerintah untuk mengambil tindakan di daerah lain.

Awal bulan ini pengangguran di Israel mencapai lebih dari 1 juta untuk pertama kalinya. Khatib mengatakan, orang-orang Arab membentuk sejumlah besar dari mereka yang terkena dampak. Untuk mendukung mereka, ia meminta pemerintah memberikan tunjangan anak kepada keluarga dan untuk sementara waktu menangguhkan pajak kota serta secara langsung mendanai keluarga untuk dibelanjakan hal-hal penting seperti utilitas dan makanan.

Pada akhirnya, Khatib menjelaskan cita-cita orang tuanya yang berpikiran maju tentang cara membesarkan anak perempuanlah yang membantunya dalam kariernya. “Saya selalu mengatakan jika ibu saya lahir pada lain waktu, dia bisa menjadi perdana menteri. Dia kuat, mampu, dan reflektif. Terlepas dari masa-masa sulit yang kami alami, bahkan setelah ayah saya meninggal, dia terus menyampaikan pesan mereka dan membesarkan rumah yang saleh dan berpendidikan. Hal terpenting yang mereka tanamkan dalam diri kita adalah keberanian, rasa hormat terhadap manusia, dan cinta akan tanah kita, dan komitmen kita terhadapnya. Bagi kami, tanah kami sangat luas dan luas dan bisa cocok untuk semua orang dan kami tidak akan pernah kehilangan," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement