Sabtu 18 Apr 2020 06:28 WIB

Xavi Belajar Banyak dari Guardiola

Xavi Hernandez membicarakan karakteristik kepelatihannya.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Agung Sasongko
Xavi Hernandez
Foto: EPA/MARCUS BRANDT
Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID,  DOHA -- Xavi Hernandez membicarakan karakteristik kepelatihannya. Legenda Barcelona itu kini menjadi pelatih klub Qatar, Al Sadd.

Ia mengaku memakai gaya yang mirip dengan konsep sepakbola Josep Guardiola. Keduanya suka mendominasi pertandingan, menguasai bola selama mungkin, dan terus menyerang.  "Saya belajar banyak dari Guardiola. Dari caranya (mengatur permainan), ambisi yang ia miliki, dan hasrat yang ia rasakan," kata Xavi, dikutip dari Marca, Sabtu (18/4).

Baca Juga

Sah-sah saja jika sosok 40 tahun itu menjadikan Guardiola sebagai teladan. Keduanya pernah bekerja sama di Barca, baik sebagai pemain maupun pelatih. Salah satu era terbaik Blaugrana terjadi pada 2008 hingga 2011. Saat itu Pep berstatus entrenador Raksasa Katalan. Sementara Xavi adalah pemimpin tim.

Keduanya masih terus menjaga hubungan baik. Kekaguman Xavi pada eks bosnya konsisten terdengar. "Sejujurnya, saya menganggap dia sebagai pelatih terbaik dunia, saat ini," ujar Xavi.

Mantan gelandang tim nasional Spanyol itu memprediksi Guardiola bakal menuai kesuksesan bersama Manchester City. Apalagi the Citizens memiliki segenap jugador kelas dunia. Para pemain yang tidak hanya memiliki kualitas mumpuni secara individu, tapi mampu berkontribusi untuk kebaikan tim. Hal itu menjadi ciri khas Guardiola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement