Jumat 10 Apr 2020 22:46 WIB

Ormas Islam di Temanggung Minta Warga tak Mudik Lebaran

Tak mudik lebaran tahun ini langkah cegah Covid-19.

 Tak mudik lebaran tahun ini langkah cegah Covid-19. Ilustrasi arus mudik di Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat. (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Tak mudik lebaran tahun ini langkah cegah Covid-19. Ilustrasi arus mudik di Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG— Para pemuka agama di Kabupaten Temanggung mengimbau warga Temanggung yang berada di perantauan untuk menahan diri agar tidak mudik dulu pada Lebaran 1441 H guna memutus mata rantai penyebaran virus corona (COVID-19).

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Temanggung, KH  Yakub Mubarok, di Temanggung, Jumat (10/4), mengatakan virus corona ini harus dihadapi dengan keyakinan, keimanan juga dengan ketabahan dan kesabaran.

Baca Juga

"Mari kita putus mata rantai corona ini, warga yang ada di Temanggung jangan bermain-main, kita bertahan diri untuk 3-4 bulan ke depan dan yang di rantau jangan tahan diri untuk tidak pulang. Hal ini demi kondusivitas daerah dan wilayah kita, kesehatan warga kita," katanya.

Dia menyampaikan insya Allah dengan menjaga keyakinan kepada Allah SWT dan menjaga lingkungan, menjaga kesehatan termnasuk menahan diri untuk tidak mudik atau pulang kampung, hal ini sekaligus memberikan amal baik kepada pribadi, keluarga. kepada lingkungan bahkan kepada bangsa dan negara.

"Mari taat kepada Allah, pada Rasul, kita ikut para ulama dan ikut perintah dari pemerintah insya Allah akan memberikan banyak berkah kepada kita sekalian," katanya.

Ketua PC NU Kabupaten Temanggung, M  Furqon, mengatakan wabah virus corona ini cobaan dari Allah, oleh karena itu harus disikapi dengan dewasa, mendekatkan diri kepada Allah merapakan salah satu solusinya.

Dia menuturkan dalam satu kisah disampaikan Ibnu Sina bahwa kekhawatiran, ketakutan, kepanikan adalah separuh dari penyakit. Kepanikan ini jangan sampai ada dalam diri masing-masing. Banyak orang panik salah satunya adalah orang-orang yang ada di episentrum di Jakarta dan di kota-kota besar lain banyak yang pulang ke kampung halamannya.

“Padahal ini akan menjadi penyebab bagi sakitnya keluarga di rumah," katanya.

Dia mengingatkan tanpa disadari dirinya menjadi penghantar penyakit ke orang-orang yang dicintai di rumah.

Dia berharap kepada orang-orang Temanggung yang ada di daerah lain tetap tinggal di rumah, tidak usah pulang kampung dulu, silaturahim bisa dengan media, bisa dengan telepon. 

“Keamanan kesehatan keluarga menjadi harapan kita semua, maka yang harus dilakukan adalah kesabaran merupakan awal dari kita sehat,” ujar dia. 

Dia menegaskan bersabar untuk sementara demi kebaikan bersama, bersatu melawan corona adalah kekuatan besar untuk bersama-sama mengentaskan bangsa ini dari virus corona.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Temanggung, Arsyari Muhadi, mengimbau kepada segenap masyarakat baik yang berada di wilayah Kabupaten Temanggung maupun di luar Kabupaten Temanggung untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Dia mengharapkan kepada masyarakat Kabupaten Temanggung khususnya dan keluarga yang ada di luar Kabupaten Temanggung untuk senantiasa melindungi diri dan keluarga yang ada di kampung halaman, untuk sementara tidak pulang kampung atau tidak mudik pada Lebaran 1441 H, sayangilah diri anda dan keluarga anda di kampung halaman.

Kapolres Temanggung AKBP Muhamad Ali menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat kususnya yang ada di posko-posko kampung atau desa, atas kerja keras mereka untuk ikut membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona.

Dia berharap posko jadikan sebagai tempat pendataan khususnya untuk arus mudik dan jadikan posko bukan sebagai tempat untuk berkerumunnya massa, sesuaikan dengan anjuran pemerintah cukup yang bertugas 4-5 orang saja. 

“Gunakan masker selalu dalam berinterkasi dengan masyarakat maupun pendatang yang akan masuk ke posko, mari kita bergerak bersama-sama melawan Covid-19," katanya.      

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement