Jumat 10 Apr 2020 16:02 WIB

PSBB, 10 Masjid di Kemayoran Masih Gelar Shalat Jumat

Satu masjid yang masih menggelar shalat Jumat terletak di Asrama Polisi Kemayoran.

Papan pengumuman peniadaan ibadah shalat jumat di depan Masjid Nurul Inayah Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung. (ilustrasi)
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Papan pengumuman peniadaan ibadah shalat jumat di depan Masjid Nurul Inayah Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolsek Kemayoran Komisaris Polisi Syaiful Anwar mengungkapkan masih ada sekitar 10 masjid di Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, yang melanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Jumat (10/4). Kesepuluh masjid itu masih menggelar shalat Jumat saat pandemi Covid-19.

"Mungkin kita akan panggil lagi DKM-nya," kata Syaiful saat dihubungi, Jumat.

Baca Juga

Syaiful mengatakan salah satu masjid yang menyelenggarakan shalat Jumat berada di komplek kepolisian. Sepuluh lebih masjid di Kemayoran masih melaksanakan Shalat Jumat.

"Itu termasuk Masjid Al Amir yang ada di Asrama Polisi Kemayoran," kata Syaiful.

Ia menyayangkan hal tersebut karena sebelumnya pihak kepolisian, Kecamatan serta Koramil Kemayoran sudah melakukan sosialisasi dan imbauan kepada para ketua masjid dan pengurus DKM untuk melakukan ibadah di rumah dan tidak mengumpulkan jamaah di masjid. Karena itu, Syaiful segera berkoordinasi baik di tingkat pemerintahan kecamatan dan pemerintah kota untuk menemukan solusi atas masalah itu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menerbitkan aturan PSBB untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Ibu Kota. Salah satu kegiatan yang dilarang adalah beribadah di tempat ibadah dan mengumpulkan banyak massa.

"Terkait pembatasan untuk kegiatan rumah ibadah sama seperti sekarang. Di mana peribadatan keagamaan bersama di rumah, ibadat itu diganti dengan kegiatan di rumah. Jadi beribadahlah di rumah," tegas Anies saat mengumumkan peresmian Peraturan Gubernur DKINomor 33 Tahun 2020 tentang PSBB di Balai Kota Jakarta, Kamis (9/4) malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement