Selasa 19 Apr 2022 11:27 WIB

Alquran Miliki Sejumlah Nama, Apa Saja?

Alquran Miliki Sejumlah Nama, Apa Saja?

Rep: Heri Ruslan/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran merupakan kalam (perkataan) Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril dengan lafal dan maknanya (QS.26:192-195). Sebagai kitab Allah, Alquran menempati posisi sebagai sumber pertama dan utama dari seluruh ajaran Islam.

Alquran berfungsi sebagai petunjuk atau pedoman bagi umat manusia dalam mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.  Secara bahasa, Alquran berasal dari bahasa Arab yang berarti "bacaan" atau "sesuatu yang dibaca berulang-ulang". Alquran adalah kata benda (masdar) dari kata kerja qara'a yang artinya membaca. 

Konsep pemakaian kata ini dapat juga dijumpai pada surah  Al-Qiyamah ayat 17-18: Sesungguhnya mengumpulkan Alquran (di dalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada lidahmu) itu adalah tanggungan Kami. (Karena itu,) jika Kami telah membacakannya, hendaklah kamu ikuti {amalkan} bacaannya.

Alquran memiliki sejumlah nama seperti yang disebutkan dalam beberapa ayat: Berikut adalah nama-nama tersebut dan ayat yang mencantumkannya: Al-Kitab, QS(2:2),QS (44:2);  Al-Furqan (pembeda benar-salah), QS(25:1); Adz-Dzikr (pemberi peringatan), QS(15:9);  Al-Mau'idhah (pelajaran/nasehat), QS(10:57); Al-Hukm (peraturan/hukum): QS(13:37).

Selain itu, Alquran juga bisa disebut dengan nama Al-Hikmah (kebijaksanaan), QS(17:39); Asy-Syifa' (obat/penyembuh), QS(10:57), QS(17:82); Al-Huda (petunjuk), QS(72:13), QS(9:33); At-Tanzil (yang diturunkan), QS(26:192); Ar-Rahmat (karunia), QS(27:77); Ar-Ruh (ruh), QS(42:52); Al-Bayan (penerang), QS(3:138); Al-Kalam (ucapan/firman), QS(9:6); Al-Busyra (kabar gembira), QS(16:102); An-Nur (cahaya), QS(4:174); Al-Basha'ir (pedoman): QS(45:20); Al-Balagh (penyampaian/kabar) QS(14:52);  dan Al-Qaul (perkataan/ucapan) QS(28:51).

Menurut Dr Subhi Al Salih, Alquran merupakan Kalam Allah SWT yang merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan ditulis di mushaf serta diriwayatkan dengan mutawatir, membacanya termasuk ibadah.

Sedangkan, menurut Muhammad Ali ash-Shabuni, AlQuran adalah firman Allah yang tiada tandingannya, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW penutup para Nabi dan Rasul, dengan perantaraan Malaikat Jibril  dan ditulis pada mushaf-mushaf yang kemudian disampaikan kepada kita secara mutawatir, serta membaca dan mempelajarinya merupakan ibadah, yang dimulai dengan surat Al-Fatihah dan ditutup dengan surat An-Nas. Jadi jelaslah membaca, mempelajari dan mengamalkan Alquran adalah ibadah.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement