Berbagi dengan Rimbawan Saat Ramadhan

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: A.Syalaby Ichsan

Jumat 26 Jul 2013 22:00 WIB

Kampus IPB Foto: Faiz Zuhad Mushoffi Kampus IPB

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Alumni Fakultas Kehutanan (Fahutan) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan kegiatan 'Peduli Rimbawan' 2013 di halaman Fahutan IPB, Jumat (26/7) sore.

Dalam acara itu, hadir Dirjen Bina Usaha Kehutanan Kementerian Kehutanan Republik Indonesia sekaligus Ketua Himpunan Alumni Fahutan, Bambang Hendroyono. ''Acara ini digelar untuk mengapresiasi alumni yang berdedikasi di bidang kehutanan,'' kata Bambang dalam sambutannya.

Selain itu, acara bertajuk 'Peduli Rimbawan' ini juga merupakan pemghormatan kepada para dosen dan para dosen purnabakti (pensiunan dosen).

Tak hanya itu, para alumni juga memberikan cinderamata kepada karyawan dan mamang-bibi. Mamang-bibi adalah para pengurus asrama yang telah membantu para alumni selama mereka menimba ilmu. 

Sebagai bentuk kecintaan para alumi Fahutan dari berbagai generasi itu terhadap almamater, mereka menyerahkan Beasiswa kepada 33 mahasiswa Fahutan berprestasi masing-masing sebesar Rp 1 juta per bulan selama satu tahun. Semua penerima beasiswa diwajibkan menanam tumbuhan kehutanan. 

Kemudian, Himpunan Alumni juga memberikan bantuan sebesar Rp 100 juta untuk pembangunan sarana dan prasarana di Fahutan IPB. ''Kami harap dana itu dapat bermanfaat,'' ungkap Bambang. Bambang berharap kegiatan ini dapat dilakukan setiap Ramadhan.

Semua bantuan kepada para dosen purnabakti dan mamang-bibi diberikan secara sinambung sepanjang tahun. ''Alhamdulillah, alumni yang ikut serta melakukan donasi cukup banyak. Tahun ini kami mengumpulkan dana hingga Rp 300 juta,'' ungkap Bambang.

Ia menuturkan, ada 47 dosen purnabakti dan 25 mamang-bibi yang mereka bantu. Bambang berkata, ''Ini adalah bentuk rasa terima kasih kami atas ilmu dan bantuan mereka selama ini.''

Setelah terpilih menjadi ketua Ikatan Alumni IPB, dalam acara itu Bambang menyampaikan pengunduran dirinya sebagai ketua Himpunan Alumni Fahutan.

 

Terpopuler