Polda Metro Jaya Siapkan Program Keamanan Sambut Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

 Jumat 17 Mar 2023 13:40 WIB

Ilustrasi. Pewarta Foto membagikan takjil kepada polisi yang bertugas di Kawasan Bundaran HI, Jakarta. Polda Metro Jaya Siapkan Program Keamanan Sambut Ramadhan Foto: Prayogi/Republika. Ilustrasi. Pewarta Foto membagikan takjil kepada polisi yang bertugas di Kawasan Bundaran HI, Jakarta. Polda Metro Jaya Siapkan Program Keamanan Sambut...

Program tersebut melibatkan interaksi dengan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya telah menyiapkan program-program edukasi dan preventif terkait keamanan dan ketertiban masyarakat dalam menyambut bulan suci Ramadhan

"Program tersebut terkait program preemtif dan preventif bagaimana mengedukasi, menyosialisasikan, dan mengimbau dengan target masyarakat menjaga lingkungan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menurut keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (17/3/2023).

Baca Juga

Program pertama, Polisi RW, adalah program yang melakukan interaksi secara positif antara personel polisi dengan masyarakat. "Polisi datang, melihat, mendengar, mencatat, dan menyelesaikan masalah apa pun, terkait menjaga lingkungan," kata Trunoyudo.

Kemudian, program Bhabinkambtibmas Bersinergi dengan Babinsa, Kepala Lurah, dan Desa. Ini merupakan tiga pilar ke depan untuk memetakan persoalan sebagai penyelesaian masalah.

"Polri harus multitasking, baik menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, melindungi dan mengayomi masyarakat, dan penegakan hukum," ucap Trunoyudo.

Selanjutnya, program preventif, yakni Patroli Perintis Presisi dan layanan sebaran dan layanan malam hari oleh Polda Metro Jaya. "Jadi kita bisa lihat beberapa kerawanan itu pada malam hari. Tentu nanti pada saat Ramadhan juga ada Berkah Ramadhan, ada Subuh Keliling, dan lain-lain yang dikedepankan oleh Direktorat Binmas Polda Metro Jaya ini melakukan program preemtif dan preventif terkait Ramadhan, " ucapnya.

Trunoyudo menambahkan dengan kegiatan masyarakat yang meningkat, tidak menutup adanya peningkatan kasus Kamtibmas yaitu 3C (Curas, Curat, Curanmor). "Maka penegakan hukum langkah terakhir dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat. Ini langkah terakhir dalam proses penegakan hukum, " kata Trunoyudo.

Trunoyudo juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan masing-masing pada bulan Ramadhan. "Polri sudah menjamin program-program tersebut tadi, adalah kegiatan rutin yang ditingkatkan, menjelang dan saat bulan Ramadhan," ujanya.