Warga Muslim Senang Lebaran Bersama

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Dewi Mardiani

Ahad 12 Aug 2012 14:31 WIB

Menentukan Idul Fitri Foto: antara Menentukan Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada 19 Agustus 2012 ini kemungkinan akan dilakukan secara bersamaan oleh warga Nadhlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Warga pun menyambut jatuhnya hari lebaran yang diperkirakan akan jatuh berbarengan ini dengan senang.

Pasalnya hari Lebaran ini nantinya akan lebih ramai oleh warga muslim baik NU dan Muhammadiyah dari pada tahun lalu. Seperti yang diungkapkan oleh Zahra (37 tahun) warga Jalan Deli, Koja, Jakarta Utara ini. Menurutnya dengan barengnya hari Raya Idul Fitri antara NU dan Muhammadiyah nanti akan lebih ramai.

"Memang kalau bisa digabung aja agar lebih kompak. Masyarakat juga enggak bingung mau ikut lebaran yang hari apa," ungkapnya. Selama ini ketika hari lebaran antara NU dan Muhammadiyah berbeda, ia selalu mengikuti anjuran pemerintah. Wanita yang mengaku tidak pernah merasakan pulang kampung ini mengatakan lebih terasa suasana lebarannya jika dirayakan secara bersama-sama.

Tidak hanya Zahra, Agus (54 tahun) warga Koja, Tanjung Priok juga mengatakan hal yang senada. "Saya lebaran sesuai dengan anjuran pemerintah. Kalau besok mau bareng itu lebih bagus karena lebih enak kalau sama-sama. Warga muslimnya terasa lebih kompak dari pada kalau sendiri-sendiri," kata Agus.

Menurutnya, dengan barengnya Hari Raya Idul Fitri nanti antara NU dan Muhammadiyah, warga muslim akan terasa lebih bersatu. "Ada kebersatuan antara umat muslim," imbuhnya. Ia juga menambahkan jika lebaran berbarengan, maka ia juga tidak akan bingung kapan akan pulang kampung.

Senada dengan Agus, Ismed (24 tahun) pria muda asala Brebes ini mengatakan lebih menyukai jika lebaran dilakukan secara bersamaan antara NU dan Muhammadiyah. "Berasa lebih ramai dan meriah," katanya.

Sebelumnya, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur mengisyaratkan hari Raya Idul Fitri ini kemungkinan akan jatuh secara bersamaan. Hal ini dikarenakan ijtima akhir Ramadhan 1433 Hijriah akhir Ramadhan terjadi pada Jumat 17 Agustus dari pukul 21.50 WIB hingga 22.54 WIB bertepatan dengan 29 Ramadhan 1433 H.