Bulan Ramadhan, Aksi Balapan Liar Tetap Marak

Red: Hazliansyah

Kamis 26 Jul 2012 06:15 WIB

Balapan liar di kalangan remaja, ilustrasi Foto: Blogspot Balapan liar di kalangan remaja, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Meski telah memasuki bulan suci Ramadhan, aksi balapan liar tetap marak. Jajaran Polres Mamuju, Sulawesi Barat, berhasil menjaring sekitar 50 sepeda motor yang digunakan para pemuda dalam aksi balapan liar.

Kapolres Mamuju, AKPB Darwis Rincing, di Mamuju, Kamis, mengatakan, aparatnya telah melakukan patroli ke beberapa titik yang menjadi arena aksi judi balapan liar itu. "Operasi balapan liar telah kami galakkan semenjak bulan suci Ramadan ini. Hasilnya, kami telah menjaring 50 kendaraan yang digunakan sekelompok pemuda di Mamuju," kata dia.

Ia mengemukakan bahwa aksi balapan liar ini cukup meresahkan, karena mengganggu ketertiban di masyarakat. Apalagi kata dia, saat ini umat Islam sedang melaksanakan ibadah puasa, sehingga aksi balapan liar menjadi perhatian aparat kepolisian setempat.

"Aksi balapan liar dilarang dilaksanakan di tempat umum, karena bisa menimbulkan keresahan di tengah masyarakat," ujar Darwis.

Menurut dia, sebanyak 50 sepeda motor yang terjaring razia ini diamankan di Polres Mamuju. "Sepeda motor balapan liar ini tidak akan kami keluarkan hingga akhir Ramadan. Intinya, proses hukum baru akan dilakukan setelah Lebaran nanti," kata dia pula.

Dia berharap, para pemuda yang sering melakukan balapan liar untuk segera menghentikan aktivitasnya karena sudah menimbulkan keresahan di masyarakat.