Dompet Dhuafa Targetkan Perolehan Zakat Rp70 M

Rep: Umi Lailatul/ Red: Hafidz Muftisany

Kamis 19 Jul 2012 22:30 WIB

Pelayanan Dompet Dhuafa Foto: Republika/ Pelayanan Dompet Dhuafa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Lembaga pengumpul zakat, infak, sedekah, dan wakaf Dompet Dhuafa (DD) menargetkan perolehan zakat sebesar Rp 70 miliar untuk kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya, selama Ramadhan tahun ini. Hal ini didasarkan pada tren positif perolehan dompet dhuafa di Ramadan-ramadan sebelumnya.

''Untuk Ramadhan 2011 sendiri, perolehan zakat di wilayah Jakarta mencapai Rp 55 miliar," Kata Presiden Direktur Dompet Dhuafa Ismail A Said pada konferensi pers di Hongkong Cafe Sarinah, Jakarta, Kamis ( 19/7). Ismail mengaku optimis, pihaknya akan mencapai target perolehan tersebut. Hal ini karena saat ini, program yang telah dijalankan Dompet Dhuafa telah terbukti manfaatnya.

Program DD sendiri diantaranya Rumah Sehat Terpadu, Rumah Sakit Gratis khusus warga tidak mampu serta sekolah gratis. Selain itu, ada pula program pengembangan ekonomi. ''Insyaalah itu semua akan menambah kepercayaan para donatur,'' ujarnya. Pihaknya telah menyiapkan berbagai strategi untuk menggenjot perolehan sedekah.

''Sebagai contoh, selain bekerja sama dengan perbankan, kita juga menggandeng berbagai pusat perbelanjaan seperti Hypermart, Matahari, Alfamart, Pongs Home Centre, dan Body Shop,'' kata Ismail. Dengan adanya program ini maka pembeli atau donatur dapat menyerahkan infaknya melalui kasir di gerai-gerai tersebut.

''Selain berbelanja juga bisa berinfak, '' kata dia. Ismail menambahkan, pihaknya telah menyiapkan 60 gerai di pusat perbelanjaan dan perkantoran. Hal ini untuk memudahkan para donatur dalam menyalurkan donasinya. Apalagi saat ini telah mendekati bulan suci Ramadan.

Sementara itu, untuk mengefektifkan kampanye zakat tersebut, pihaknya juga turut menggandeng para pesohor seperti pesepakbola Bambang Pamungkas, aktris Inneke Koesherawati, dan motivator Ipho Santoso.

Tak lupa, lembaga berlogo segitiga hijau ini juga menggaet artis cantik Nuri Maulida sebagai brand ambassador. Peran pemeran Cinta Fitri ini dalam lembaga ini adalah sebagai voice offer di beberapa pusat perbelanjaan seperti Matahari. Nuri sangat antusias bisa menjadi duta infak.

''Aku seneng bisa jadi duta infak DD. Program ini cukup bagus. Kita bisa berbelanja sambil beramal,'' katanya.