Posko KA Angkutan Lebaran di DKI Jakarta Ditutup

Red: Djibril Muhammad

Senin 27 Aug 2012 20:19 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Hari ketujuh pascalibur Lebaran 1433 H, Posko Kereta Api Angkutan Lebaran di stasiun-stasiun wilayah DAOP I DKI Jakarta resmi ditutup. "Hari ini (Senin, 27/8) pukul 22.00 WIB nanti, Posko Kereta Api Angkutan Lebaran

(PKAAL) 2012 akan ditutup secara resmi," kata Kepala Humas PT KAI DAOP I Mateta Rizalulhaq di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (27/8).

PT KAI DAOP I pada Lebaran 1433 H, membuka PKAAL di semua stasiun keberangkatan dan penurunan, antara lain Jatinegara, Pasar Senen, Gambir, Kota, dan Tanah Abang. Menurut Mateta, semua PKAAL yang siaga selama 12-27 Agustus tersebut selain bertugas melayani keluhan penumpang juga menyediakan informasi yang dibutuhkan awak media.

"Kami menyiagakan semua pegawai PT KAI untuk bertugas di setiap posko secara bergantian dari kereta pertama pukul 04.30 hingga terakhir di Stasiun Cikampek pukul 23.00 WIB," kata Mateta.

Ia menambahkan kinerja PKAAL juga ditunjang 750 personel keamanan dari satuan Patroli PT KAI dan Brimob Polda Metro Jaya dan petugas kesehatan dari PT KAI yang siaga 24 jam. "Hari ini (Senin, 27/8) pukul 12.00 WIB tadi, personel Brimob juga sudah resmi ditarik," kata Mateta.

Sementara itu, jumlah keluhan yang disampaikan penumpang ke PKAAL rata-rata masalah informasi jadwal kereta dan keterangan yang tertera pada tiket, seperti nomor gerbong dan kursi. Terkait masalah tiket yang hangus, Mateta mengatakan jumlahnya sangat kecil jika dibandingkan tiket yang sah dan bisa digunakan.

"Jumlahnya hanya sekitar empat ribu dari 378.748 tiket yang terjual," katanya. Mateta menambahkan tiket yang hangus tersebut sebagian besar karena data yang tertera di tiket berbeda dengan kartu identitas penumpang.