Jalur Mudik Pemudik Motor Mulai Padat

Red: Didi Purwadi

Jumat 17 Aug 2012 02:05 WIB

Pemudik motor Foto: ant Pemudik motor

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Pemudik yang menggunakan sepeda motor dari arah Jakarta dan sekitarnya menuju jalur Pantura mulai melewati jalur khusus sepeda motor wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Ini menyusul semakin padatnya arus lalu lintas di Simpang Jomin pada Kamis.

Petugas mulai memberlakukan jalur khusus sepeda motor wilayah Karawang tersebut pada H-3 Lebaran atau pada Kamis. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kepadatan kendaraan di sekitar Simpang Jomin menuju jalur Pantura.

Kepadatan pemudik bersepeda motor mulai terlihat sejak Kamis siang. Sebab sejak diberlakukannya jalur khusus sepeda motor pada sekitar pukul lima pagi, arus lalu lintas pada jalur itu semakin ramai.

Jalur khusus sepeda motor wilayah Karawang itu sendiri sepanjang sekitar 45 kilometer, yakni melintasi Johar-Lamaran-Lemahabang Wadas-Telagasari-Krasak-Cikalong. Tetapi, petugas yang bertugas di Pos Pengamanan Pertigaan Krasak sempat memecah arus pemudik kendaraan bermotor itu menjadi dua arah.

Sebagian pemudik bersepeda motor diarahkan ke Cikalong dan tembus ke jalur Pantura Karawang. Sebagian pemudik bermotor lainnya dari Pertigaan Krasak diarahkan ke arah Ciasem-Blanakan dan tembus ke jalur Pantura Subang.