Tol Kanci-Pejagan Siap Dilintasi Pemudik

Rep: lilis handayani/ Red: Taufik Rachman

Rabu 08 Aug 2012 21:43 WIB

Jalan tol Pejagan Foto: wihdan hidayat Jalan tol Pejagan

REPUBLIKA.CO.ID,

CIREBON -- Para pemudik dari Jakarta yang akan menuju Jawa Tengah, bisa memilih untuk melalui jalan tol Kanci-Pejagan. Pengelola jalan tol pun sudah menyiapkan berbagai infrastruktur dan sarana untuk menyambut para pemudik.

''Ya, kami sudah lakukan persiapan untuk arus mudik dan balik,'' ujar Kepala Cabang Tol Kanci-Pejagan, Arifin, Rabu (8/7).

Arifin mengungkapkan, persiapan itu di antaranya berupa perbaikan jalan di sejumlah titik. Menurut dia, perbaikan tersebut akan segera selesai sehingga tidak mengganggu kenyamanan para pemudik.

Tak hanya infrastruktur jalan, Arifin mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan tiga mobil patroli. Ditambah lagi, mobil ambulance lengkap dengan sarana on call yang terhubung langsung dengan salah satu rumah sakit di Cirebon. ''Kami juga menyiapkan empat unit mobil derek,'' tutur Arifin.

Sementara itu, Kapolres Cirebon, AKBP Hero Henrianto Bachtiar, menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pengecekan jalur pantura Cirebon. Hasilnya, jalur tersebut sudah siap dilalui para pemudik.  ''Jalur sepenuhnya siap dilalui pemudik,'' tegas Hero.

Namun, Hero mengakui, memang masih ada beberapa pekerjaan perbaikan jalan. Seperti misalnya penebalan jalan di Cikere, sekitar Plered-Plumbon. Meski belum sepenuhnya selesai, namun jalan tersebut tetap bisa dilalui pemudik.

Sementara itu, ketika ditanyakan mengenai petugas pengamanan arus mudik dan balik tahun ini, Hero menyatakan akan mengerahkan 1.510 petugas. Dari jumlah tersebut, anggota kepolisian mencapai 1.020 anggota. Sedangkan sisanya, berasal dari sejumlah instansi terkait.