Ada 60 Titik Jalan Rusak di Jalur Kualatungkal-Kota Jambi

Red: Johar Arif

Rabu 24 Aug 2011 22:27 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, Endang Surya mengingatkan 60 titik jalan rusak di daerah itu. Keenam puluh titik itu ada di jalur Kualatungkal menuju Kota Jambi sepanjang kurang lebih 200 kilometer, yang didominasi jalan berlobang.

Menurut Endang, untuk mengantisipasi dan memudahkan calon pemudik akan kondisi tersebut, Dishub Tanjabbar telah memasang rambu-rambu peringatan di 60 titik jalan rusak tersebut.

Dia mengatakan jalur Kota Jambi-Kualatungkal dikenal sebagai jalur yang cukup berbahaya mengingat di jalan sepanjang kurang lebih 200 kilometer itu selain banyak tikungan dan bergelombang juga sempit. Selain itu, jalur Kota Jambi-Kualatungkal merupakan jalur transportasi satu satunya yang menghubungkan antara ibu kota kabupaten dengan ibu kota provinsi itu.

Endang menyebutkan, jalur Kualatungkal-Kota Jambi diperkirakan mulai sibuk pada H-3 Idul Fitri, mengingat sejumlah pemudik yang menggunakan jalur laut mulai berdatangan di Pelabuhan Marina Kualatungkal. "Sampai saat ini meski sudah terlihat arus mudik, namun intensitasnya masih normal.”