PAN Sediakan 100 Bus Mudik Gratis

Rep: Muhammad Subarkah/ Red: Siwi Tri Puji B

Jumat 19 Aug 2011 16:56 WIB

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri, Partai Amanat Nasional (PAN) menyediakan 100 bus gratis untuk para pemudik yang ingin pulang dari Jakarta  menuju kota-kota yang ada di Pulau Jawa dan Sumatra bagian selatan.

‘’Ini kegiatan rutin tahunan kami. Tujuannya untuk membantu para pemudik yang selama ini pulang kampung dengan naik sepeda motor bisa pulang dengan aman dan nyaman. Kami harap dengan acara ini maka angka kecelakaan pengendara sepeda motor di jalan raya saat lebaran bisa menurun,’’ kata Sekjen PAN, Taufik Kurniawan, di Jakarta, Jumat (19/8).

Menurut Taufik, peran perantau yang sebagian besar bekerja sebagai buruh, pekerja sektor informal, dan usaha kecil di Jakarta selama ini dipandang sebelah mata. Ketiadaan perlindungan ini semakin bertambah dengan terus naiknya beban ekonomi, yakni melambungnya harga komoditi dan ongkos transportasi menjelang hari raya lebaran.

’’Kepada para calon pemudik silahkan datang mendaftar di kantor DPP PAN. Sebanyak 5.000 kursi di bus AKAP sudah disiapkan. Untuk mendapatkan tiket cukup serahkan fotokopi KTP saja,’’ ujar Taufik.

Rencanya acara mudik gratis ini akan dilaksanakan pada Selasa 23 Agustus 2011. Tempat pemberangkatannya adalah di Parkir Timur Senayan, mulai pukul 06.00 WIB. Bus yang disediakan berjenis AC dan Non AC. Tujuannya adalah menjangkau seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Lampung, dan Sumatra Selatan.