Joe Richard, Ikut Puasa untuk Toleransi

Rep: Firda Bahalwan/ Red: Hafidz Muftisany

Selasa 31 Jul 2012 10:17 WIB

Joe Richard Foto: kapanlagi.com Joe Richard

REPUBLIKA.CO.ID, Presenter Joe Richard mengaku senang melihat kawan seprofesi melaksanakan ibadah puasa. Bagi dia yang nonmuslim, orang berpuasa menunjukkan kedekatan diri umat muslim dengan tuhannya.

"Aku kalau liat umat muslim berpuasa ada perasaan senang sendiri karena aku tipe orang yang sangat banga ketika melihat umat mencintai tuhannya dan mengabdikan diri pada tuhan mereka. Seperti di bulan ramadhan yang suasananya sangat terasa melihat umat islam berpuasa," ujarnya kepada ROL.

Bahkan tak segan Joe juga ikut berpuasa demi toleransi kepada teman-temannya. Terlebih di lokasi syuting yang mayoritas beragama islam.

"Aku juga suka ikutan berpuasa karena kebetulan temen-temen aku yang bekerja sama dalam tim mayoritas beragama islam, jadi aku gak enak kalau makan dan minum di depan mereka," imbuhnya.

Joe juga merasa familiar dengan ibadah-ibadah umat muslim, karena Ramadhan benar-benar memberi suasana yang berkah untuk semuanya. Pria kelahiran 11 Oktober 1974 ini kadang merindukan suasana Ramadhan yang sangat khas, terutama di Indonesia.

"Aku pernah ke luar negeri saat bulan ramadhan dan  di sana aku ngerasa kehilangan sesuatu. Aku kangen suasana di Indonesia yang dengan kebersamaan mereka berpuasa. Itulah menarikanya di Indonesia, karena di sini ada berbagai macam warna mulai dari banyak kebudayaan dari daerah masing-masing sampai toleransi beragama juga terasa di sini," ungkapnya.